Tak Hanya pada Paru, TBC Kulit juga Bisa Mengintai





TBC kulit berlangsung saat bakteri mycobacterium tuberculosis menginvasi kulit Sudah pernahkah Anda dengar arti TBC kulit? TBC kulit ialah invasi kulit oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang umumnya menggempur paru-paru. Situasi TB luar paru ini relatif jarang ada.

Namun, bila Anda merasakannya maka muncul beberapa gejala yang tidak nyaman serta menyakitkan. Tidak itu saja, ada beberapa tipe TBC kulit yang penting Anda ketahui sekaligus juga langkah menanganinya.

Beberapa jenis TBC kulitAda beberapa macam TBC kulit yang mengontaminasi langsung pada kulit atau selaput lendir. Namun, situasi ini sering seperti permasalahan kulit lain hingga susah dikenal. Mengenai beberapa jenis TBC pada kulit yang kemungkinan berlangsung, salah satunya:

1. Tuberkulosis chancreIni adalah abnormalitas kulit yang berupa borok serta ada sesudah 2-3 minggu terkena TBC. Diberi nama chancre sebab dia adalah borok yang berlekuk dan kasar waktu diraba.

2. TB verrucosa cutisKondisi ini berlangsung sesudah inokulasi TB (peralihan) dengan cara langsung ke kulit pada seorang yang awalnya sudah terkena mikobakterium. TBC kulit verrucosa cutis bisa diikuti dengan perkembangan kutil keunguan atau coklat kemerahan. Disamping itu, ada juga lesi yang seringkali ada pada lutut, siku, tangan, kaki, serta pantat. Lesi itu dapat bertahan sepanjang tahun.


3. Lupus vulgarisBentuk TBC kulit ini konsisten serta progresif, dimana ada lesi kecil berwarna coklat kemerahan dengan persistensi gelatin hingga membuat nodul. Lesi bisa bertahan sepanjang tahun sampai mengakibatkan kerusakan serta kanker kulit.

4. ScrofulodermaTuberkulosis kulit ini berlangsung karena meluasnya infeksi TB yang menulari kelenjar getah bening, tulang, atau sendi dengan cara langsung. Scrofuloderma sering dihubungkan dengan TBC paru. Situasi ini diikuti dengan lesi yang mengencang serta tidak memunculkan ngilu, tetapi pada akhirnya membusuk dengan fundamen yang tidak rata. Lesi ini dapat bertahan sampai sekian tahun serta tinggalkan sisa cedera yang bisa mengganggu performa. Situasi ini adalah yang seringkali dirasakan.

5. Miliary TBIni adalah infeksi TB akut yang sudah menebar dari infeksi primer yang umumnya menggempur paru-paru ke organ serta jaringan lain, termasuk juga kulit, lewat saluran darah. Situasi ini diikuti adanya lesi pada kulit atau bercak-bercak kecil yang bertumbuh jadi bisul serta abses. Tidak itu saja, Anda akan berasa sakit. TB milier memungkinkan berlangsung pada pasien dengan skema imun yang rendah, seperti pasien HIV, AIDS, atau kanker.

Bila Anda berasa cemas alami situasi itu, jangan sangsi untuk memeriksa diri ke dokter. Analisis umumnya dibikin dengan histopatologis pada biopsi kulit (ambil contoh jaringan). Tes lain yang kemungkinan dibutuhkan, yakni tes kulit tuberkulin, tes pelepasan gamma interferon, rontgen thorax, serta tes radiologi lain.

[[artikel-terkait]]

Langkah menangani TBC kulitPilihan penyembuhan TBC kulit sama juga dengan penyembuhan tuberkulosis paru. Sekarang ini, penyembuhan terbatas pada therapy oral konservatif serta kadang aksi bedah bila dibutuhkan. TBC kulit diobati dengan gabungan rifampisin, etambutol, pirazinamid, isoniazid, serta streptomisin yang sesuai dengan keperluan individu.

Beberapa obat umumnya diberi saat perut kosong (1 jam sebelum atau 2 jam sesudah sarapan) pada sebuah konsumsi. Sesaat, buat orang yang mempunyai intoleransi pencernaan karena itu harus diberi dengan makanan. Belumlah ada therapy tropis untuk TBC kulit yang sudah dideteksi. Walau demikian, therapy konservatif sejumlah besar memperlihatkan hasil yang positif.

Penyembuhan ini direferensikan untuk semua masalah baru ke orang dewasa serta remaja, semua bentuk tuberkulosis, dan semua masalah kumat sesudah terputusnya penyembuhan. Namun, bila Anda mempunyai situasi spesifik seperti kehamilan atau sedang menyusui konsultasilah pada dokter tentang pemakaian beberapa obat TBC.

Sesaat, buat beberapa manula khususnya yang mempunyai permasalahan kesehatan spesifik, pemakaian banyak obat dengan cara bertepatan dan perkembangan pada metabolisme dapat memunculkan efek hingga Anda perlu waspada. Bila dalam pemakaian obat ada tanda-tanda spesifik, selekasnya hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan yang pas.